Monday 10 April 2017

SWITCH MODE POWER SUPPLY (SMPS)

1.       Mengenal Switch Mode Power Supply (SMPS)

Apakah SMPS itu ? SMPS merupakan singkatan dari Switch Mode Power Supply. Fungsi dari SMPS adalah untuk mentransfer tegangan dari satu level ke level yang lain. Umumnya dari tegangan AC dirubah menjadi tegangan DC teregulasi yang diperlukan bagi perangkat elektronik



Gambar 1.1 SMPS pada Monitor Tabung/ CRT


Switch mode power supply mulai popular sejak awal tahun 80-an karena keunggulan yang ditawarkannya. Keunggulan SMPS adalah:
-       Berukuran kecil dan ringan
-       Memiliki efisiensi tinggi dan tidak membangkitan panas yang berlebihan
-       Regulasi yang lebih baik
-       Range tegangan input AC yang lebih luas dan
-       Rendah biaya

SMPS juga memiliki beberapa kelemahan jika dibandingkan dengan power supply linear yaitu:
1. Karena menggunakan komponen lebih banyak, jika terjadi kegagalan akan mempengaruhi banyak komponen. misalnya: SMPS tersambar petir.
2.      Dengan banyaknya tipe rangkaian yang digunakan dalam desain SMPS seperti osilator, umpan balik/ feedback, proteksi, startup dll maka ketika terjadi masalah dapat menyebabkan komplikasi yang menyulitkan dalam troubleshooting dan memperbaiki SMPS.
3.  Beberapa suku cadang harganya mahal dan susah dicari di pasaran misalnya: FET power, IC power dan trafo switch mode.
4.   Interferensi elektromagnetik (Electromagnetik interference/ EMI) yang dibangkitkan oleh SMPS, jika tidak dilindungi dengan baik dapat menyebabkan komputer atau perangkat lain terkena masalah intermittent.

5.   Tegangan induksi yang kuat dapat kembali ke jaringan sehingga mengganggu sumber tegangan bagi perangkat lain yang letaknya berdekatan.


Gambar 1.2 SMPS pada Televisi Plasma


Gambar 1.3 SMPS ATX

Gambar 1.4 SMPS pada Monitor LCD 

Gambar 1.5 SMPS pada printer Dot Matrix 

Gambar 1.6 Power Supply pada TV LCD Merk LG 32"

Dimana SMPS digunakan ?

Dengan pertimbangan biaya, ukuran dan berat, SMPS digunakan pada perangkat Monitor, TV, Charger perangkat genggam, adaptor laptop, charger camera digital, printer, mesin fax, VCD dan lain sebagainya..........(bersambung...)
(versi lengkap artikel ini bisa dibaca pada EBOOK "PELACAKAN KESALAHAN DAN PERBAIKAN POWER SUPPLY SMPS")

1 comment: