Tuesday 11 April 2017

MENGAPA ELEKTRONIKA?

(Sebuah kutipan dari buku ELECTRONICS FOR DUMMIES )
Elektronika ada di mana-mana. Anda dapat menemukan elektronika di dalam Smartphone, sistem Audio-Video, dan perlengkapan dapur anda. Sistem elektronika pengontrol Traffic light, internetm perangkat medis dan bahkan pada mainan anak. Anda tidak dapat melihat seluruhnya, tetapi sistem elektronika juga berkembang biak di dalam kendaraan anda. Cobalah meluangkan waktu sejenak untuk membayangkan kehidupan tanpa elektronika.......serasa hidup anda berada pada jaman kegelapan!
Ingatlah bahwa sistem elektronik yang paling rumit sekalipun tak lebih hanyalah sekumpulan komponen elektronik berbeda yang diatur dengan sekumpulan aturan yang membuat suatu rangkaian sederhana bekerja. Jadi jika ingin memahami sistem elektronik yang rumit/ kompleks maka anda dapat memulainya dengan mempelajari dasarnya sama seperti para perancang sistem elektronika rumit tersebut ketika memulai belajarnya.
Lebih penting lagi, memahami dasar elektronika dapat memacu anda untuk membuat suatu perangkat elektronik yang benar-benar berguna meskipun sederhana. Anda dapat membuat rangkaian yang akan memancarkan cahaya pada waktu yang tepat, menghidupkan suara atau bunyi ketika mendeteksi penyusup atau gerakan suatu obyek di dalam ruangan. Dan ketika anda tahu bagaimana memanfaatkan integrated circuit (IC) yang dikenal sebagai rangkaian yang berfungsi penuh dan mudah digunakan maka anda dapat menciptakan beberapa desain yang lebih cerdas dengan biaya yang terjangkau.
Perkembangan teknologi membuat barang elektronik lebih cepat, lebih kecil dan lebih murah dari tahun ke tahun. Anda sekarang bisa mendapati sebuah sistem elektronik paling maju dalam genggaman tangan anda. Dengan sedikit pengetahuan dan kemauan untuk bereksperimen, anda dapat membuat suatu kartu ulang tahun bermusik yang unik, dekorasi tata cahaya yang fantastis atau sebuah alarm yang akan merasakan seseorang yang mencoba memasuki kamar tidur anda.
Selain itu, anda mungkin mempunyai hobi lain akan dapat diperkaya dengan elektronika. Jika anda seorang penggemar kereta api model, anda dapat membangun sendiri suatu titik pemindahan otomatis. Jika hobi anda adalah mobil balap radio kontrol, pengetahuan elektronika mungkin dapat membantu meningkatkan performa mobil anda dan dapat memenangkan kejuaran berikutnya. Tahu lebih banyak elektronika dapat meningkatkan hobi anda.
Last but not least, elektronika itu menyenangkan. Mencari tahu dan bermain-main dengan elektronika adalah anugerah kehidupan. 

No comments:

Post a Comment